Agama Apa yang Paling Benar dan Sempurna?

Pertanyaan tentang agama merupakan pertanyaan yang bersifat sensitif artinya bisa menimbulkan perdebatan bahkan perselisihan.

Tapi entah kenapa sejak kecil saya merasa perlu mencari jawaban tentang hal ini.

Ada banyak sekali tolak ukur untuk menentukan mana agama yang benar, bisa dari ceritanya (atau sejarahnya), kesinambungan cerita, kebudayaan, ajaran moral dll.

Saya sendiri berganti agama yang resmi sudah 3x belum termasuk agnostik dan atheis. Hehe..

Lalu apa kesimpulan agama yg benar selama perjalanan mencari kebenaran tersebut?

Di sini saya ingin memulai dengan membagi sebuah cerita.

Ceritanya begini (ambil kopi dan camilan dulu.. hehhee)..

Ini cerita ilustrasi…

Ada seorang bapak, bapak tersebut memiliki 3 orang anak

Suatu ketika teman dari ke 3 anak ini mengajak 3 anak tersebut untuk mencuri mainan di sebuah toko

Alhasil

Anak pertama menolak, dia bilang “aku tidak mau mencuri, karena jika ketahuan bapak, maka aku akan dihukum”

Anak ke dua juga menolak, dan bilang “aku juga tidak mau mencuri, karena bapakku sudah berjanji, jika aku jadi anak baik maka aku akan dibelikan hadiah”

Lalu apa jawaban anak ke tiga?

Anak ke tiga menjawab serupa namun tidak sama, dia bilang begini “aku tidak mau mencuri karena aku tidak mau menyakiti hati bapakku, masa hanya karena mainan aku melukai hati bapakku yang sudah begitu baik sama aku, yang begitu mencintai aku”

Cerita tersebut juga menjawab pertanyaan yang serupa misalnya : “Apakah semua agama sama?” atau juga sering kita dengar pertanyaan ini : “Agama manakah yang paling sempurna?

Memang dari luar ke 3 anak tersebut melakukan hal yang sama, terlihat sama tapi sebenarnya berbeda jauh. Bedanya jauh banget..

Nah dari cerita tersebut, seandainya Anda menjadi bapak dari 3 anak tadi, sikap manakah yang Anda sukai?

Jawaban mayoritas dari Anda dan saya tentu anak yang ke tiga, dan sikap anak ke tiga itu adalah ajaran dasar dari kekristenan.

Sikap yang didasari oleh kasih, bukan didasari oleh ketakutan maupun menginginkan imbalan.

Ajaran tersebut adalah ajaran sempurna yang diajarkan Tuhan kepada kita, ajaran yang dimulai dari anugerah, cinta yang kemudian melahirkan motivasi yang benar dan pada akhirnya memunculkan sikap dan perilaku yang benar.

Dilahirbarukan oleh Roh Kudus adalah suatu momen terbaik dalam hidup saya, anugerah terbesar yang pernah saya terima dalam hidup saya, menjalani segala sesuatu berdasarkan pada kasih.

Mengakui keberadaan sebagai manusia berdosa dan menerima Tuhan Yesus sebagai juru selamat adalah keputusan terbaik dalam hidup saya.

Kekristenan tidak hanya mengajari kita tentang perbuatan, namun juga tentang motivasi terdalam apa yg ada dibalik perbuatan tersebut.

Salam damai sejahtera. Tuhan memberkati.

Leave a Reply