Apa Itu Pekerjaan dan Mengapa Perlu Bekerja?

Sejak kecil saya berpikir tentang apa itu pekerjaan, sebuah pertanyaan yang terlihat mudah dijawab namun sebenarnya sulit karena tidak banyak orang yang benar-benar mengerti tentang apa itu pekerjaan dan mengapa manusia perlu bekerja. Jawaban yang sering kali saya dengar adalah bahwa bekerja itu adalah cara mencari uang dan kita harus bekerja supaya kita hidup. Hemm… Apakah hanya seperti itu? Ataukah memang seperti itu?

Semakin hari saya semakin dibukakan bahwa jawab dari sebuah definisi itu akan mempengaruhi bagaimana kita menjalaninya. Jawaban dari “apa” dan “mengapa” akan sangat mempengaruhi “bagaimana” termasuk juga tenang pekerjaan.

Bagi saya bekerja melebihi dari memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Memang tidak salah kita bekerja dengan tujuan untuk memenuhi hidup sehari-hari, yang jadi salah adalah jika kita berhenti di situ, berhenti pada pemenuhan hidup dan pemuasan hasrat diri. Bekerja lebih mulia daripada itu, bekerja adalah tugas kita sebagai manusia yang bahkan perintah ini sudah ada sebelum Adam dan Hawa jatuh dalam dosa.

Bekerja adalah tentang berekspresi, keluar dari dalam, meluber keluar, sesuatu yang ada di dalam kita keluar untuk berbuah, talenta yang sudah Tuhan berikan kepada masing-masing dari kita keluar untuk berbuah dan bertambah banyak. Bekerja bukan hanya untuk mendapatkan sesuatu tetapi untuk menjadi dan melakukan. Bekerja bukan hanya tentang “get” atau tentang “have” tetapi tentang “be” dan tentang “do”.

Leave a Reply